Perubahan

Pohon ABC

ABC Tree / Pohon ABC yang menjadi simbol untuk panduan para peserta mengenal tahapan-tahapan menuju perubahan

Lama sudah kanvas ini tak menerbitkan satu pun tulisan bahkan hampir 5 bulan tak pernah menggoreskan satu baris bahkan satu kata pun sejak tulisan terakhir, dengan berbagai macam alasan yang mungkin hanya bisa di ungkap dengan satu kata MALAS.:mrgreen:

Yapzz..kali ini saya hanya mencoba sharing saja mengenai kata “Perubahan”. Sebenarnya sudah lama ingin menulis tentang kata “Perubahan” (dalam hal ini perubahan diri) namun seiring waktu berjalan, rencana tinggal rencana ide tinggal ide dan alhasil, ya seperti biasa selalu menjadi draft saja setelah separuh jalan dituliskan. Namun kali ini sudah sampai di ujung puncak kepala *istilah asing uneg-uneg* :mrgreen: dan harus sesegera mungkin di lepaskan dimana pada akhirnya nanti sukur-sukur mendapat berbagai masukan, ya entah itu kritikan, ataupun cemoohan, toh ini hanya sebuah tulisan atau sebuah pendapat ataupun barisan-barisan kalimat ngawur.

Seperti apa sih perubahan diri ? apa saja sih faktor dan proses nya ? *semua bebas beropini*

Beberapa bulan lalu saya pernah berjanji akan menuliskan sebuah kata mengenai “Perubahan” kepada seorang Master Trainer dikala saya mengikuti sebuah workshop / training tentang perubahan diri atau lebih dikenal dengan nama ABC ( Awareness Before Change ) Training. Sebuah training yang memfokuskan pesertanya menuju perubahan diri atau istilah saya adalah mendoktrin pesertanya dengan materi-materi yang mayoritas lebih ke individuality, untuk mencapai tujuan atau impian peserta. Training ini diikuti oleh beberapa orang staff yang bisa dikatakan baru join di tempat saya mencari sekarung berlian  nafkahDan untuk kegiatan workshop ini (bisa di cek kesini)  di pimpin oleh seorang Master Trainer berasal dari negeri Jiran sana,  yaitu Bapak Izaidin Samsoodeen dimana beliau adalah seorang Kolonel tentara kerajaan Malaysia sebelum menjadi seperti sekarang (bisa dicek disini.) Ada kalimat yang hingga saat ini mungkin untuk semua peserta yang sudah pernah mengikutinya akan mengingatnya, dimana kalimat ini sungguh mudah untuk diucapkan, namun tidak pada kenyataannya “for things to change i must change first”. Nah kalimat ini sebetulnya mudah untuk diucapkan, tapi entah kenapa menurut saya tidaklah semudah mengucapkannya begitu pula dengan materi-materi yang dipelajari JIKA tidaklah benar-benar ingin berubah dan membuat perubahan minimal dalam diri sendiri. Kenapa saya katakan demikian, karena menurut pengamatan bodoh saya, seseorang yang sudah menjadikan sebuah kegiatan atau katakan sebuah kondisi setiap harinya akan menjadi keseharian atau sebuah ‘Habit’ (untuk hal ini kebiasaan buruk), akan lebih sulit meninggalkan kebiasaan tersebut tanpa ada kesadaran dari pelakunya, karena hal ini akan mempersulit proses perubahan tersebut tanpa ada kesadaran / kemauan untuk merubah kondisi tersebut.

Inti dari training tersebut adalah membantu anda merubah pemikiran tentang masa depan yang menjadi impian anda. apakah berhasil ? itu semua kembali lagi kepada diri kita menyikapinya dengan berbagai problematika yang ada. Ada sebuah kalimat  entah siapa yang mengungkapkan pertama kali dengan kalimat nya “tak ada seorang pun yang bisa merubah diri anda selain anda sendiri” dan 100% saya sangat setuju dengan kalimat tersebut. Apapun yang terjadi jangan pernah menyalahkan keadaan, orang lain, dan bahkan ada yang menyalahkan Tuhan atas apa yang terjadi terhadap dirinya. Berlaku / bersikap bijak tak selalu akan menghasilkan sesuatu yang positif adakalanya akan bertentangan dengan situasi / kondisi yang terjadi, namun jangan pula takut terlambat dengan perubahan tersebut jika memang itu adalah suatu hal yang terbaik yang akan dilakoni.🙂

Sobat, di dunia ini hanya Tuhan Yang Maha Sempurna jadi tidak lah terlambat untuk membuat sebuah perubahan JIKA itu akan membawa kita kepada sesuatu yang lebih baik.

-Salam Hangat & Salam Semangat-

21 Tanggapan to “Perubahan”

  1. wah.. pastinya sangat seru, menyenangkan dan penuh wawasan nih acaranya.. jadi ngiler ngebaca kesimpulan dari inti acaranya🙂
    Ini semacam leadership training.. tapi lebih condong ke individual, leadership training diri sendiri. Semuanya memang tergantung pada diri sendiri mas.
    seperti halnya :
    buku tulis : lebar 30cm, panjang 15cm tebal 5cm..
    saat buku itu ditaruh dgn keadaan berdiri –> apa yg terlihat..??
    dan..
    saat buku tulis itu ditaruh dgn keadaan terbaring –> apa yg terlihat..??

  2. Sapu mana Sapu….. Blog gue kumel nih😀

    • wkwkkwkw..om indra blognya buikan hanya kumel tapi………..hahaha
      terus semnagat om hariez dan om indra.semangat

  3. gw sumbang bayclin (ups sebut merk)….biar tambah putih…..:-)

  4. membacanyanya, saya jadi ketularan semangat neh….
    semoga sukses ya Sob…

  5. bagus sekali artikelnya, thx

  6. Ohya, saya singgah kemari lg ya, untuk mengabarkan kalau saya sedang mengadakan giveaway betapa senangnya ngeblog. Ikutan ya, Sob. Info selengkapnya silakan dilihat di blog saya. Makasih…..

  7. soulenergizer Says:

    mas haris, saya pengen ngadain ABC. mas haris ada kontak person training ABC by colonel izi? sudah banyak perubahan ya since 2008 lalu ketika kantor saya ngadain ABC.

  8. Muhamad bin Yusof Says:

    Saya ingin mengikuti program ABC..dapatkan saya no talipon..saya dari Malaysia

  9. semangatnya mna om…….

  10. wah kaya mata kuliah ku ni, character building😀

  11. Q sering ikut seminar kayak gini, membantu banget😀

    **Ingin lebih SEHAT bonus Berat Badan Ideal? Yuk mampir ke blog Q yang ini juga yah http://nutrisicantik.blogspot.com/2013/08/menjaga-pola-makan-sehat-di-hari.html

  12. mampir mas, masih ingat dengan saya tak?🙂

  13. hahaha nice spirit om🙂

  14. isinya menggugah. makasih sudah berbagi

  15. ayat di kitab suci, Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum hingga kaum itu sendiri yang merubah.

  16. serta temuan kasuskasus dan kontakkontak melalui penyuluhan dan penyaringan populasi yang beresiko tinggi. Mekanisme profilaksis (kondom) dapat menjadi perlindungan yang parsial.

  17. Sadarilah mengeluh tidak menyelesaikan apapun Mengeluh hanya akan menambah beban dihati Berhentilah mengeluh segera bertindak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: