Mercusian Events : Blogshop 2013

blog19Lama tak singgah dan menyoret di kanvas maya ini, Apa kabar dunia blog ? ya lama sudah tak wara-wiri di kanvas yang dulu menjadi bagian dalam perjalanan-perjalanan kecil saya dalam mengarungi lika-liku jalan hidup. Ada satu momen dimana hal tersebut menggugah hati untuk menjamah kembali satu memorabelia yang pernah sedikit mendewasakan pikiran dalam perjalanan hidup, semua tak lepas dari ajakan seorang guru sekaligus sahabat dalam dunia maya, dan pendidikan, ya beliau adalah seorang sohiblog yang mengajarkan saya dalam menulis di media ini. Mas Anto itulah nama beliau yang hingga kini masih eksis dalam menulis *tak seperti saya yang angin-anginan*:mrgreen: beliau salah satu pendiri dan penggagas salah satu komunitas mahasiswa di STMIK MERCUSUAR ya komunitas Mercusian, ya komunitas yang mengajak atau wadah bagi para mahasiswa yang ingin menyalurkan menyalurkan hobi hingga aspirasi, dan komunitas ini pula yang akhirnya mengajarkan saya arti dari sebuah perjuangan dan kekeluargaan.

Sejak menjadi seorang alumni dari keluarga besar sekolah tersebut, hingga saat ini selalu rindu tawa, sedih dan semua event yang sering diadakan dikampu, dan berbicara sebuah event, ada satu ide yang sejak dulu saya gemari *walau sering tertatih-tatih alias malas* yaitu menulis di kanvas maya ini, sebuah event yang lebih kepada berbagi pengetahuan dalam hal menulis di media blog, mulai dari membahas tutorial membuat blog, memulai menulis di blog hingga etika mengunjungi blog lain. Apakah Blogshop yang diadakan ini dipungut biaya ? jawabannya tidak alias gratis, lho kok gratis ? ya karena ini adalah sesi dimana saya pribadi bersama Mas Anto hanya ingin berbagi dan mengajak teman-teman di kampus bertukar pikiran melalui media blog, dengan kata lain berbagi informasi melalui tulisan di dunia blog. Sulitkah ? ya, mengapa saya katakan sulit, karena ditengah-tengah maraknya social media / social networking, bukan tidak mungkin banyak kalangan lebih memilih media socmed, kemungkinan media blog bisa dikatakan media satu layar penuh dengan isi full tulisan pemilik blog nya saja, berbeda dengan socmed seperti Facebook, twitter dan masih banyak lagi, yang notabene lebih singkat dan menampilkan semua tulisan dari semua orang yang berada dalam lingkaran pertemanan di media tersebut.

Ideologi yang tertuang saat mencoba tuk mengingat apa-apa yang sudah pernah saya pelajari, sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan bisa dikatakan mudah. Kenapa dikatakan mudah ? karena menulis buat saya sendiri hanya mengikuti apa yang terlintas dalam otak dan semuanya berawal dari apa yang saya lihat di sekitar, dan menuangkannya menjadi sebuah tulisan. Apa yang menjadi titik tersulit dalam menulis di media blog ? ide, ya ide untuk menulis, dan memulainya sendiri terkadang bingung dengan apa yang akan dituangkan menjadi sebuah tulisan. Hal itulah yang pada akhirnya membuat ragu banyak kalangan untuk menulis di media blog, dan menjadi pesimis atau malas untuk menulis di blog. Ada hal-hal yang biasanya dilupakan saat akan memulai membuat sebuah tulisan, salah satunya adalah apa yang akan kita tuliskan, atau tulisan apa yang mau kita buat. Salah satu trik saya untuk menulis di blog adalah seperti yang saya tuliskan tadi, yaitu melihat sekeliling dan biasanya ide menulis tersebut saya dapatkan dari apa yang saya lihat, dan saya rekam melalui memori otak , dan kemudian saya tuangkan ke dalam tulisan di blog. Berhasilkah ? ya untuk saya pribadi itu sangat berhasil.

Harapan saya dengan Mas Anto dalam sesi sharing di blogshop ini, adalah agar teman-teman yang masih duduk di bangku kuliah mau belajar menuliskan sesuatu walaupun itu hanya sebuah tulisan isi hati dan sebagainya, paling tidak dengan belajar menuangkan ide yang berada di kepala untu kdijadikan sebuah tulisan, ada satu fase dimana mereka kelak tidak akan sulit dalam menuliskan sebuah naskah atau hal yang paling dekat adalah menulis skripsi akhir dimana teman-teman mahasiswa nanti akan menapaki fase akhir dari perkuliahan mereka nanti. Intisari dari blogshop kali ini lebih kepada mengenalkan media blog, dan cara memulai nulis di media blog. Tidak menutup kemungkinan jika suatu saat nanti ada diantara teman-teman yang menjadi peserta blogshop kali ini, menjadi seorang penulis hebat dan semoga dengan adanya blogshop ini bisa membangkitkan gairah menulis saya kembali.🙂

Baik buruk nya sebuah tulisan, semua kembali kepada si penulisnya, semakin bijak menggunakan tata bahasa, semakin bijak pula orang lain membaca isi tulisan tersebut. Semoga ada pembelajaran yang berharga melalui sesi berbagi di blogshop kali ini.

-Salam Hangat-

7 Tanggapan to “Mercusian Events : Blogshop 2013”

  1. Lama juga tak sua…..

  2. Do not worry about failure but worry about the chance that you miss

  3. Hidup itu seperti drama dan kamu bisa memilih untuk menjadi penontonnya atau pemainnya

  4. terlalu lambat mengenal dunia blogging, kapan ya ada acara kek gini lagi😦

  5. kapan update lagi bro?

Tinggalkan Balasan

