Status Fitnah

Facebook, siapa yang tak mengenal jejaring sosial ini. Hampir setiap orang di negeri ini memiliki akun di FB. Namun dengan adanya FB, apakah membantu kita atau malah sebaliknya ?. Dan jika saya boleh menjawabnya, FB akan saya ibaratkan sebilah pisau dapur, dimana jika ditangan seorang koki handal, maka akan menjadi alat yang membantu untuk memasak si koki akan tetapi sebaliknya, jika di tangan seorang penjahat, maka akan menjadi sebuah senjata yang mematikan setiap saat jika disalah gunakan.

Sempat beberapa waktu lalu mengultimatum seorang rekan kerja gara-gara membajak akun seorang rekan kerja kami juga yang berjenis kelamin perempuan. Lho apa hubungannya dengan saya ? begini, rekan ku termasuk seorang kaum yg sama seperti aku selain berjenis kelamin jantan juga berstatus ‘mahasisa’ jurusan sastra Arab di sebuah universitas Islam di Jakarta Selatan, masa buat status yang maaf merendahkan harkat kaum hawa yang notabene kaum Ibunya juga, dengan menulis “lagi horny neh..!!” Subhanallah…

Perempuan polos itu kesehariannya sangat polos karena saya kenal baik siapa dia dan juga keluarganya yang taat dengan agamanya. Dia harus rela menanggung malu, baik di kantor ataupun di tempat dia meneruskan pendidikannya. Di ejek serta direndahkan sudah pasti, namun dia hanya bisa pasrah dan menangis sambil cerita kepadaku, “mas..aku malu banget, hampir setiap hari ada inbox yang masuk dan hampir semuanya menganggap aku perempuan nakal, dan ngajak kencan gitu, gara-gara status di fb kemarin..” sambil menitikan air mata dia bercerita. Sungguh terlalu kucoba cek wall milik ‘si hacker’ tersebut ternyata dia sering menulis status yang mengandung unsur-unsur Islami, Munafik..!!

“Coba lo pikir kalo itu ade, ato kakak lo yang dikerjain kaya gitu, apa lo ga berpikir kesana ? ” ujarku ke ‘Mr.hack’ dan dia so cuek seakan tak ada kejadian apa-apa sambil menjawab santai “temen-temen gue cewek juga, tapi mereka udah pada biasa gue kerjain kaya gitu, ga sampe kaya dia, sampe di dramatisir kaya gitu”, dan saya hanya bisa menggelengkan kepala saja sambil memberikan ultimatum kepadanya, “gue kasih lo waktu 3 hari unuk klarifikasi di wall nya dia, bahwa yang tulis status bejat itu lo, kalo lo ga mau, gue yang bakal gantian kasih kejutan di wall lo, gimana ? ” dan akhirnya dia tetap tidak mau mengklarifikasinya serta langsung memblokir saya dari friendlistnya.

Sobat, sekecil apapun keisengan kita terkadang tanpa kita sadari sudah merugikan orang lain. Jika memang niat kita hanya iseng, cobalah di ambang wajar bukan seperti apa yang saya ceritakan diatas. Semoga apa yang pernah terjadi pada saudariku, tidak terjadi kepada Anda. Selamat beraktivitas dan,

-salam hangat-

85 Tanggapan to “Status Fitnah”

  1. kalo dipikir2 bener juga yah…

  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Jangan pernah berfikir iseng jika mengenai akun umum yang bisa diakses semua orang. efeknya akan luar biasa

  3. Ditutup saja akunnya – jangan dibiarkan berlanjut – buka akun baru – invite lagi teman2😀

  4. wah.. tega amat siy yg nulis2 kek gitu. tingkat sensitivitas orang2 itu kan beda2, ga bisa disamain gitu aja, palagi soal perasaan perempuan T.T

  5. tuh makanya sesama orang iseng di larang saling mendahului

  6. Fitnah memang menyakitkan…
    Fitnah dosa besar… semoga temennya kang Riez diberi ketabahan,
    Allah maha mengetahui… Insya Allah ada hikmah dibalik coban ini.
    Semoga kita terhindar dari fitnah, sekecil apapun.

  7. Wah iseng ya iseng, tapi jangan kebablasan ya, Mas! Bisa bahaya!

  8. kalo saya sih dah emosi banget, bakal balas minta ke teman2 saya buat hack balik tuh orang.

    bercanda ada batasnya, kalo seperti ini sudah ngak lucu lg namanya (beneran deh saya jadi esmosi gini):mrgreen:

  9. Kunjungan malam… Stop Pitnah…. orang USA (Urang Sunda Asli) tidak bisa bilang F😀🙄

  10. sudah tau belum, kalo menulis status di fesbuk tentang yahudi, nanti akan terhapus sendiri oleh fesbul?

  11. kalau yang seperti itu tak bisa disebut iseng Mas, ini sangat serius, dan membahayakan hubungan pertemanan yang ada

  12. Si Paijah Says:

    ““temen-temen gue cewek juga, tapi mereka udah pada biasa gue kerjain kaya gitu, ga sampe kaya dia, sampe di dramatisir kaya gitu””

    gila tuh temennya mas e perlu masuk rehab masak jawabannya kok kayak gitu, emang temennya berapa ? apa tiap temen cewek itu sama, ah nggak mandang cowok-cewek itupun sudah tidak layaklah nggampangin orang kayak gituh, meskipun kuliah sastra arab kalo wataknya bejat ya terima kasih deh, mending yang nggak kuliah lulusan SD tapi watak bersih deh mas

  13. gw juga punya temen yang akunnya di hack.. dan sialnya… gw yang dituduh nge-hack.. gara2 gw satu-satunya temennya yg dianggap ngerti IT..duh.. padahal tuh temen gw yg saat itu gw anggap paling deket ama gw. sedih banget.. akunnya juga disalahgunakan.. hingga akhirnya gw jelasin kl itu bukan gw.. n akhirnya dia tahu.. lalu bikin akun baru.. banyak kisah sedihnya gara2 akunnya dibajak…
    gw bener2 geram n marah bgt ama si hacker itu.. apa ya sebetulnya maunya mereka?? kejahatan yg sia2.. kenapa kok dijalanin???

  14. bunda baru saja beberapa minggu bikin akun di FB,
    alhamdulillah, justru krn akun baru itulah bunda bisa bertemu dgn teman2 yg sudah 33thn gak bertemu.
    jadi, sementara ini akun FB , bunda anggap cukup berjasa dlm menunjang silaturahim.
    salam

  15. Tary Sonora Says:

    wahhh kok gitu sih, jadi cowok. sebel banget pastinya mas hariez kalau aku ada di posisi perempuan itu. iseng2 boleh jangan sampe yg mempermalukan begitulah.
    heheheh akhirnya mas hariez update juga

  16. Kunjungan malam kang… Pisss… Stop Pitnahh..🙄

  17. wah…..wah…..parah tu orang….
    aku aja orang brengsek gak pernah iseng gitu kalo ma perempuan, parah tuh orang…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  18. Mungkin sebaiknya temennya maz riez itu bikin akun baru lagi aja…
    terus add temen” yang ada di akun yang lama dech😀
    terus klarifikasi dech klo akunnya yang lama tuch sebenernya kena hack😉

    parah tu orang… gag jelas banged sich becanda koq kek begono… gag bertanggung jawab lagi…

  19. social engineering adalah penyakit baru yang efeknya sangat merugikan dan berdampak luas…
    WASPADALAH……

  20. “lagi horny neh..!!” Subhanallah…

    sepertinya kata yang tepat jangan Subhanallah deh mas, tapi Naudzubillah min dzalik gituu🙂

    waspadalah… waspadalah….😀

  21. Parah banget deh.
    Harus segera dibumi hanguskan orang2 seperti itu.
    Gak bermoral banget ngerjain cewek sampai segitunya.

  22. Bener kata Kikakirana.
    Harus segera klarifikasi kalo akunnya sempat di hack dan itu buakn dia yang nulis.
    Jadi, sedikit terselesaikan masalahnya, walaupun belum clear bener.

  23. jailnya keterlalun, ini status fitnah dan main bajak akun seenaknya keisengan yang membuat dosa. harus klasrifikasi segera dari si pembuat fitnah itu

  24. pencundang itu mah..kucek2.. gosok2.. bilas biar bersih otaknya…

  25. citromduro Says:

    betul mas, tergantung cara memanfaatkannya, sebagai penjaring persahabatan atau sebagai media penebar fitnah
    kembali lagi pada yang mempergunakan

  26. Bikin akun baru aja mas dan ini juga pernah terjadi pada teman masa SMA saya dulu sekarang dia jadi males FB an, padahal FB kalo digunakan untuk mempererat tali silaturahmi kan jadi banyak manfaatnya tuh. Salam jepret!

  27. MERUGIKAN JG TUH LAMA LAMA

  28. GA BGT TUH KALO….GITU

  29. hellgalicious Says:

    parah banget tuh hacker
    ckckck

  30. wah ngeri jg yaa, makanya hati2 berfacebook

  31. Itu mah bukan iseng. tapi kriminal

  32. 😀 pasti yang diomongin tadi malem ya bossss

  33. SUNGGUH TERLALU BANGET TUH ORANG GA ADA RASA HATI NURANINYA…

  34. Setuju kang, asli kasian banget tuh yg jadi korban keisengan seperti ditu (doh)

  35. jahatnya..amboy nian, sadis bener. Ujung2nya tetep ga minta maaf itu orang? ck..ck..terlalu. Tapi biarlah yang diatas yang membalas semua perbuatannya itu mas haris. Allah Maha Adil dan Mengetahui. Mending akun temennya itu ditutup aja.
    ngemeng2 masalah pesbuk, akun saya gimana kabarnya yah..dah setaun lebih kagak dibuka..jangan2 dibajak ma orang lagi..waaaaaaa…

  36. Aldo Sinambela Says:

    AHA! tulisan ini mengingatkan ane untuk mengerem keisengan2 lagi..🙂
    share ekpresi #AHAmoments yuk via twitter @AHA_moments buat dapetin netbook samsung. salam

  37. facebook tu tak lebih dari sampah

  38. fitnah emang kejam…

  39. Hooo,,,,, Kowaaaaaiiii neee,,, (Mengerikan)

    Semoga FB saya ga kena hack orang dech,,,

  40. teman anda sedang apes. semoga tabah…

  41. facebook mmg bnyk boongnya,…

  42. misi mas…🙂

  43. meidhy andaresta Says:

    saya baru baca aja udah kesel bgt sama tuh orang,,gmn kl ketemu ya?..
    kalai ilmu saya udah tinggi biar saya aja yang hack fb tuh cwo,,saya ganti foto profilnya jadi foto banci…biar mencerminkan jati dirinya…setuju gak?..

    http://Meidhyandarestablogme.wordpress.com

  44. meidhy andaresta Says:

    saya baru baca aja udah kesel bgt sama tuh orang,,gmn kl ketemu ya?..
    kalai ilmu saya udah tinggi biar saya aja yang hack fb tuh cwo,,saya ganti foto profilnya jadi foto banci…biar mencerminkan jati dirinya…setuju gak mas hariez?….

    http://Meidhyandarestablogme.wordpress.com

  45. facebook memang bisa menjadi tempat yang berbahaya kalau kita kurang hati2 …

  46. mank bener……ya kembalikan lagi ke si pengguna…..giman cara dia menggunakan dan mngaplikasikannya….

  47. Kenapa cuma di utimatum…? Klo aku langsung tak babat…..

  48. Meidhy Aja Says:

    Andai ilmu saya sudah tinggi biarkan saya yang hack fb si cwo itu,,,akan saya buat foto profilnya menjadi foto banci…kesel bgt baca artikel ini…kelakuannya tidak mencerminkan laki-laki..

    http://Meidhyandarestablogme.wordpress.com

  49. dah Mar mending gulung aza….

  50. Gilaaa
    itu mah keterlaluan banget deh bercandaannya…

    sooo.. udh gimana skr perkembangan kasusnya Ries?

  51. Iseng yang tidak bermartabat. Suatu saat dia akan kena batunya, bro. Pasti itu!

  52. owh, ini tho arti status2 Hariez waktu itu? kesian juga yah? lagian, ngapain sih pake ngehack2 segala?😦

  53. hehehehe.. baru ngeh kalau aku punya WP. Nggak pernah diupdate😀

  54. darahbiroe Says:

    aku mengenal banget
    tapi gak pernah login
    fb
    hehehe😀

  55. waduh waduh bahaya juga jika kita terlalu menyikapi dalam dunia maya

    silahkan berkunjung ke blog saya yang sangat sederhana sekali

    http://fabiantactlest.wordpress.com

  56. Hoalah seremnya…. facebook benar-benar menjadi barang berbahaya jika salah dimanfaatkan

  57. iseng sih boleh saja asal jangan keterlaluan…

  58. Bukan becanda ituu..tega! terlalu bgt sih??

  59. waduh2 kok pada kaget sih, itulah sisi megatif yg kita temui pada dunia maya ini, makanya jgn terlalu fulgar memberikan identitas diri, dan orang2 seoerti itu kelak akan menjumpai hal yg sama apa yg di buat nya..

  60. keterlaluan tuh mas hajar,pukulin ramerame trus laporin polisi abis keluar dari penjara dibom tuh tangan yg jail sama otak kotornya

  61. Ikhlas……. Biarlah orang itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah….

  62. lom update neh…..🙂

  63. Kadang apa yang kita anggap remah, bagi orang lain penting. Kadang juga apa yang kita anggap penting, bagi orang lain remeh. Salam kenal ZULFA.

  64. jadi jangan main2 dengan update status, cobalah kita untuk bijak dengan fasilitas yang ada di fb.

    jelas sekali, kesadaran masyarakat (netter) Indonesia yang beranjak ‘maju’ dengan teknologi sering salah arah, bahkan salah kaprah. *Internet Sehat itu bagus sebenarnya!😀

  65. wuahh parah banget itu orang, itu sih bukan iseng tapi sudah mencemarkan nama baik orang secara tidak langsung…

  66. aduh, pingin bunda jitak si’ jantan’ yang ternyata tidak jantan sama sekali itu👿
    salam

  67. apa untungnya menghack Fb org lain ya?
    tmnku banyak fbnya dihack..gmana cara ngembaliinya ya?

  68. denuzz jadi emosi nih …
    uh, semoga cepat sadar tuh orang munafik …!!!!

    dia yang lagi horny kok ngelibatin nama baik orang lain ..
    setan bejat!

  69. Riez, apakah sudah mencoba melaporkan akun Si Hacker tersebut ke pihak FB?

  70. Kenapa ga disamperin langsung aja Mas?
    parah banget kali itu mah

  71. FB jadi pengalaman pahit buatku… suatu hari lupa logout.. fbku dibaca seorang temen, dia ternyata iseng ingin lihat-2 isi fbku, inboxku dst. Dan anehnya, dia jadi berpikir negativ sama aku… padahal setiap org punya unek-2 ttg seseorg dan ditulis di inbox misalnya inbox ke kakakku. FB sangat bahaya buat orang yang nggak biasa punya temen buanyaak… krn kudu pakai topeng untuk bisa disukai banyak orang… dan org jujur jarang banyak pengikutnya…😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: